Optimalisasi AdSense Bagi Orang Awam - Siapa sih yang tidak ingin memaksimalkan pedapatannya melalui Adsense ? Setiap blogger khususnya yang mencari penghasilan tambahan dengan menulis artikel mereka pada blog, pasti ingin mengoptimalkan penghasilan mereka.
Tapi, apakah mereka benar-benar berusaha memaksimalkan situ mereka ?
Berikut adalah beberapa kiat untuk mengoptimalkan iklan Adsense atau iklan lainnya yang serupa.
1. Optimalisasi Web atau Blog
Mengoptimalkan kinerja blog adalah salah satu cara yang musti anda lakukan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas web atau blog dalam hal kualitas dan kuantitas. Banyak tutorial yang bisa anda cari di halaman pencarian google. Salah satu contoh yang bisa anda jadikan referensi adalah Om Blogging sebenarnya masih banyak yang lain.
Ada ratusan artikel berseliweran yang membahas cara optimalisasi Web atau Blog.
2. Unit Iklan
Bila anda memiliki dua atau tiga unit iklan di blog anda, anda harus memastikan bahwa iklan dengan RKT tertinggi yang harus dimuat terlebih dahulu. Dengan kata lain iklan dengan RKT yang tinggi lebih dahulu muncul pada halaman blog anda.
Adsense selalu mengisi iklan dengan pembayaran tertinggi terlebih dahulu. Misalnya, iklan terlaris tertinggi atau paling tinggi mungkin bisa menghasilkan Rp.500, kedua tertinggi bisa saja menghasilkan Rp.400.
Tidak sulit menebak mana RKT di unit iklan yang berbayar teratas akan memberi anda banyak pendapatan tambahan.
3. Tema Iklan
Memilih warna teks yang tepat untuk tema iklan anda sangat penting. Kenapa hal tersebut sangat penting?
Small changes can make a big difference |
Memilih tema, warna dan tata letak iklan. Diusahakan komposisinya dapat berbaur satu sama lainnya dengan cukup baik. Selain itu lakukan pula beberapa perubahan agar blog tampak cukup rapih dan konten harus diperbaiki juga.
4. Penempatan Iklan
Penempatan iklan yang salah bisa berarti tingkat bouncing yang lebih tinggi dan pendapatan iklan yang lebih rendah.
Keseluruhan kinerja unit iklan tentu sangat bergantung pada lokasinya pada halaman blog anda.
Di sisi lain, memasang iklan dengan ukuran yang tepat di tempat yang tepat bahkan bisa melipatgandakan pendapatan iklan Anda. Selalu pastikan iklan Anda ditempatkan secara strategis di blog anda. Tapi bagaimana Anda tahu lokasi yang tepat untuk menempatkan iklan Anda? Anda bisa singgah ke Google Adsense Guide.
Design responsive adalah salah satu faktor penting lainnya. Blog yang dilengkapi dengan design responsive harus menampilkan iklan yang bisa menyesuaikan secara otomatis sesuai dengan ukuran layar device atau gadget pembaca.
5. Ukuran Iklan
Ketika menyangkut ukuran iklan pada khususnya, penting diingat bahwa konteks adalah kuncinya. Jangan pernah membuat iklan Anda begitu besar sehingga mereka mengalahkan konten situs web Anda. Di sisi lain, mereka seharusnya tidak begitu kecil sehingga tidak ada yang bisa melihatnya.
Faktor lain yang harus diingat adalah relevansi iklan dengan konten di situs Anda. Selalu perhatikan tujuan halaman dan penempatan iklan sambil menentukan ukuran iklan.
Uji berbagai ukuran iklan di berbagai posisi. Ada banyak kombinasi yang bisa Anda coba. Anda dapat menggunakan pengujian A / B untuk mengetahui kombinasi penempatan dan ukuran terbaik.
6. Pengujian A/B
Ada 3 elemen kunci, yang dapat membantu memperbaiki RKT Anda: Ukuran, desain, dan lokasi . Buatlah variasi ukuran iklan yang berbeda di berbagai lokasi iklan dengan tema yang berbeda, lalu bagikan lalulintas situs web anda di antara variasi ini.
Setelah anda memiliki cukup data, anda akan melihat beberapa unit iklan berkinerja lebih baik daripada yang lain. Data ini dapat membantu anda menemukan iklan berkinerja terbaik untuk blog anda.
7. Konten Adalah Raja dan Akan Selalu Menjadi Raja
Konten adalah bagian paling penting dari situs atau blog manapun. Ini tidak hanya menarik lalu lintas, namun juga memberi dampak besar pada RKT unit iklan.
Meskipun tidak cukup mendukung teori ini, pasti ada hubungannya dengan RKT dan kualitas konten blog anda. Berikut contoh kecil untuk menjadi bahan pertimbangan anda.
Jika pembaca menemukan konten di blog atau web yang kurang memuaskan dan tidak bagus maka pembaca cenderung meninggalkan atau mengabaikan blog tersebut. yang pada akhirnya akan menyebabkan RKT menurun.
Disisi lain jika artikel anda rinci dan teruji dengan baik, dan memuaskan, mereka cenderung kembali dan akan menelusuri setiap artikel atau konten yang mereka inginkan di seluruh halaman blog anda.
Itu saja yang bisa disampaikan. Ditunggu pengalamannya di kolom komentar kami.
Selamat Mencoba