Wajib Diketahui Oleh Semua Penayang AdSense - Pertumbuhan pengguna yang mengakses informasi dengan smartphone atau tablet mereka, daripada menggunakan desktop tradisional, berarti setiap situs sekarang perlu bekerja pada setiap perangkat. Sebagian besar pemilik situs web memahami pentingnya memiliki situs yang mobile-friendly namun mungkin tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk membangunnya; Sekarang menjadi keharusan.Mulai tanggal 21 April 2015 Google akan menggunakan keramahan seluler sebagai faktor peringkat utama dalam algoritme penelusuran mereka.
Seberapa besar kesepakatan ini?
Pertama kalinya dalam sejarah Google bahwa mereka telah mengumumkan pembaruan spesifik, terlebih dahulu dan menetapkan tanggal untuk pelaksanaannya. Anda pasti pernah mendengar tentang Panda atau Penguin? Beberapa orang di dunia SEO berspekulasi bahwa update algoritma ini mempengaruhi lebih banyak permintaan pencarian daripada gabungan Panda dan Penguin. Jadi jangan khawatir masalah kedua hewan tersebut. Berfokuslah pada website anda apakah sudah Mobile Friendly.
Mengapa tata letak yang Mobile-Friendly?
Pengguna Anda harus menjadi prioritas nomor satu Anda. Jika pengguna mengakses situs Anda di telepon mereka dan tidak ramah seluler, pengalaman mereka akan menjadi kurang menyenangkan. Mereka harus mencubit dan zoom agar bisa membaca konten, akan merasa frustrasi karena tidak dapat melihat isinya dengan jelas, dan bahkan mungkin secara tidak sengaja mengklik iklan saat mencoba melihat situs Anda.
Bagaimana sih tata letak yang sesuai untuk seluler?
Karakteristik tata letak seluler yang paling penting adalah sebagai berikut:
Konten yang dapat dibaca - pengguna tidak harus mencubit dan memperbesar akses konten. Ini harus mudah dibaca seperti apa adanya.
Navigasi - pengguna harus bisa sampai ke hampir di mana saja di situs ini melalui menu tarik-turun atau perluasan yang diperluas lebih jauh untuk mengakses sub menu. Tautan harus "ramah jempol" untuk memastikan pengguna mengetahui konten yang mereka cari tanpa klik yang tidak disengaja.
Kotak pencarian - Pengguna harus dapat mencari situs Anda untuk mendapatkan informasi yang mereka cari dan menemukan kotak pencarian dengan mudah.
Kecepatan situs - situs harus dimuat dengan cepat terlepas dari perangkat yang mereka gunakan. Gunakan metode seperti lazy-loading dan sub domain sharding untuk memastikan pengguna mendapatkan konten dengan cepat dan mudah.
Iklan dengan ukuran yang benar - pastikan iklan sesuai dengan layar dengan benar (dan jangan menutupi halaman dll)
Bagaimana jika lalu lintas situs saya mayoritas desktop?
Tidak masalah. Anda masih memerlukan tata letak yang ramah seluler mulai tanggal 21 April. Situs yang tidak mobile-friendly dapat mengalami masalah di peringkat pencarian. Jangan biarkan itu menjadi pada Anda. Selain itu, memiliki situs yang mobile-friendly bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas, dan semua orang menyukainya!
Pengembang Google menawarkan beberapa panduan tentang kesalahan umum di sini.