Menggunakan Google Analytics untuk Memahami Lalu Lintas - Meskipun sebagian besar penayang telah menambahkan kode pelacakan dari Google Analytics ke situs mereka, namun sebagian besar hanya menggunakannya untuk melacak informasi tingkat atas, seperti keseluruhan tayangan laman dan rasio pentalan sisi situs .
Dalam praktiknya, Google Analytics dapat digunakan untuk melakukan lebih banyak hal. contoh di sini untuk menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan alat ini untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang pengunjung situs Anda dan bagaimana perbandingan situs Anda dengan orang lain di industri Anda.
Untuk memanfaatkan beberapa fitur ini, Anda mungkin perlu mengaktifkan berbagi data di Google Analytics. Anda dapat meninjau dan / atau melakukan modifikasi pada pengaturan Anda saat ini dengan memilih Setelan Akun dari tab Admin saat masuk ke Analytics seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana setelan ini digunakan, lihat halaman bantuan Pengaturan Berbagi Data dalam dokumentasi dukungan untuk Google Analytics.
Dalam praktiknya, Google Analytics dapat digunakan untuk melakukan lebih banyak hal. contoh di sini untuk menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan alat ini untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang pengunjung situs Anda dan bagaimana perbandingan situs Anda dengan orang lain di industri Anda.
Untuk memanfaatkan beberapa fitur ini, Anda mungkin perlu mengaktifkan berbagi data di Google Analytics. Anda dapat meninjau dan / atau melakukan modifikasi pada pengaturan Anda saat ini dengan memilih Setelan Akun dari tab Admin saat masuk ke Analytics seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana setelan ini digunakan, lihat halaman bantuan Pengaturan Berbagi Data dalam dokumentasi dukungan untuk Google Analytics.
Menggunakan Google Analytics untuk Memahami Lalu Lintas
Dari mana Lalu Lintas Anda Datang?
Ini bisa sangat membantu untuk melihat bagaimana orang menemukan situs Anda - dan bagaimana pengunjung dari sumber lalu lintas yang berbeda terlibat dengan konten Anda. Ada beberapa cara untuk melihat informasi ini di Google Analytics. Untuk melihat beberapa opsi ini, perluas pengelompokan Akuisisi di tab Pelaporan dan coba klik sedikit untuk melihat jenis informasi yang mereka tampilkan.
Misalnya, jika Anda memilih Saluran dari bagian Semua Lalu Lintas , Anda akan ditunjukkan rincian berapa banyak lalu lintas Anda berasal dari penelusuran organik, media sosial, pencarian berbayar dan sumber lainnya.
Selain melihat berapa persen lalu lintas Anda berasal dari masing-masing saluran ini, Anda dapat melihat bagaimana pengguna dari saluran ini berperilaku begitu mereka tiba di situs Anda.
Sebagai contoh, Anda mungkin mendapati bahwa rujukan media sosial merupakan persentase yang sangat kecil dari keseluruhan lalu lintas Anda, namun segmen lalu lintas Anda memiliki rasio pentalan yang lebih rendah dan rasio konversi tujuan yang lebih tinggi daripada rata-rata. Akibatnya, Anda mungkin memilih untuk berupaya lebih jauh dalam pemasaran media sosial Anda.
Meskipun hanya ada empat item yang tercantum di bagian Semua Lalu Lintas , Anda dapat memilih untuk melihat data Anda dengan cara lain. Cara tercepat untuk melakukan ini adalah dengan mengklik opsi Otheruntuk Primary Dimension (lihat gambar di bawah). Di sini, Anda dapat memperluas setiap pengelompokan untuk melihat berbagai bidang yang dapat digunakan untuk menyegmentasikan audiens Anda.
Salah satu yang mungkin ingin Anda periksa untuk alasan teknis adalah Resolusi Layar dalam pengelompokan Teknologi . Jika salah satu metrik Anda terlihat gagal untuk resolusi tertentu, itu bisa menjadi sinyal bahwa tata letak situs Anda tidak ditampilkan dengan baik bila dilihat di lingkungan itu.
Tentu saja, dengan semua ukuran layar yang berbeda saat ini, kemungkinan Anda akan melihat setidaknya beberapa resolusi dengan metrik yang buruk.
Jika resolusi layar yang berkinerja buruk hanya memiliki sedikit sesi yang terkait dengannya, jika hanya ada sedikit kesalahan dalam pelaporan, dan mungkin tidak perlu dikhawatirkan. Di sisi lain, jika ada ratusan atau ribuan sesi yang terkait dengan resolusi itu, Anda mungkin ingin memeriksanya lebih dekat.
Anda juga dapat menggunakan opsi di pengelompokan Search Consoleuntuk mempelajari lebih sedikit tentang lalu lintas penelusuran organik dan yang ada di pengelompokan Sosial untuk mengetahui jaringan media sosial mana yang mengirimkan lalu lintas berkualitas tinggi kepada Anda.
Misalnya, jika Anda memilih Saluran dari bagian Semua Lalu Lintas , Anda akan ditunjukkan rincian berapa banyak lalu lintas Anda berasal dari penelusuran organik, media sosial, pencarian berbayar dan sumber lainnya.
Selain melihat berapa persen lalu lintas Anda berasal dari masing-masing saluran ini, Anda dapat melihat bagaimana pengguna dari saluran ini berperilaku begitu mereka tiba di situs Anda.
Sebagai contoh, Anda mungkin mendapati bahwa rujukan media sosial merupakan persentase yang sangat kecil dari keseluruhan lalu lintas Anda, namun segmen lalu lintas Anda memiliki rasio pentalan yang lebih rendah dan rasio konversi tujuan yang lebih tinggi daripada rata-rata. Akibatnya, Anda mungkin memilih untuk berupaya lebih jauh dalam pemasaran media sosial Anda.
Meskipun hanya ada empat item yang tercantum di bagian Semua Lalu Lintas , Anda dapat memilih untuk melihat data Anda dengan cara lain. Cara tercepat untuk melakukan ini adalah dengan mengklik opsi Otheruntuk Primary Dimension (lihat gambar di bawah). Di sini, Anda dapat memperluas setiap pengelompokan untuk melihat berbagai bidang yang dapat digunakan untuk menyegmentasikan audiens Anda.
Salah satu yang mungkin ingin Anda periksa untuk alasan teknis adalah Resolusi Layar dalam pengelompokan Teknologi . Jika salah satu metrik Anda terlihat gagal untuk resolusi tertentu, itu bisa menjadi sinyal bahwa tata letak situs Anda tidak ditampilkan dengan baik bila dilihat di lingkungan itu.
Tentu saja, dengan semua ukuran layar yang berbeda saat ini, kemungkinan Anda akan melihat setidaknya beberapa resolusi dengan metrik yang buruk.
Jika resolusi layar yang berkinerja buruk hanya memiliki sedikit sesi yang terkait dengannya, jika hanya ada sedikit kesalahan dalam pelaporan, dan mungkin tidak perlu dikhawatirkan. Di sisi lain, jika ada ratusan atau ribuan sesi yang terkait dengan resolusi itu, Anda mungkin ingin memeriksanya lebih dekat.
Anda juga dapat menggunakan opsi di pengelompokan Search Consoleuntuk mempelajari lebih sedikit tentang lalu lintas penelusuran organik dan yang ada di pengelompokan Sosial untuk mengetahui jaringan media sosial mana yang mengirimkan lalu lintas berkualitas tinggi kepada Anda.
Apa yang Pengunjung Lakukan Saat Mereka Berada di Situs Anda?
Item dalam pengelompokan Perilaku juga sangat membantu saat Anda mencoba menemukan seperti apa yang disukai pengunjung Anda dan apa yang tidak mereka sukai. Jika Anda memilih Alur Perilaku , Anda akan melihat representasi visual tingkat tinggi tentang bagaimana pengunjung melintasi situs Anda, termasuk halaman yang mereka tempati, ke mana mereka pergi berikutnya dan kemana mereka berhenti.
Untuk menganalisis informasi ini sedikit lebih baik, biasanya lebih bermanfaat untuk melihat berbagai laporan di bagian Konten Situs . Secara khusus, laporan Semua Laman memecah metrik pengguna Anda di tingkat laman sementara laporan Laman Landas dan Laman Keluarmenunjukkan tempat orang-orang datang dan meninggalkan situs Anda.
Sebaiknya periksa laporan Landing Pages setidaknya sebulan sekali dan carilah kejutan. Anda mungkin tahu bahwa halaman tertentu berfungsi sebagai gateway tak terduga ke situs Anda, dan halaman ini bisa menyajikan peluang baru untuk Anda.
Demikian juga, Anda mungkin juga ingin meninjau laporan Halaman Keluar secara teratur. Jika halaman tertentu memiliki peringkat tinggi dalam daftar ini, tidak berarti ada yang salah dengan hal itu, namun ini berpotensi menjadi sinyal bahwa ada masalah pada halaman dan hal itu menyebabkan pengunjung pergi.
Untuk menganalisis informasi ini sedikit lebih baik, biasanya lebih bermanfaat untuk melihat berbagai laporan di bagian Konten Situs . Secara khusus, laporan Semua Laman memecah metrik pengguna Anda di tingkat laman sementara laporan Laman Landas dan Laman Keluarmenunjukkan tempat orang-orang datang dan meninggalkan situs Anda.
Sebaiknya periksa laporan Landing Pages setidaknya sebulan sekali dan carilah kejutan. Anda mungkin tahu bahwa halaman tertentu berfungsi sebagai gateway tak terduga ke situs Anda, dan halaman ini bisa menyajikan peluang baru untuk Anda.
Demikian juga, Anda mungkin juga ingin meninjau laporan Halaman Keluar secara teratur. Jika halaman tertentu memiliki peringkat tinggi dalam daftar ini, tidak berarti ada yang salah dengan hal itu, namun ini berpotensi menjadi sinyal bahwa ada masalah pada halaman dan hal itu menyebabkan pengunjung pergi.
Membandingkan Situs Anda dengan properti serupa
Terkadang, sulit untuk mengatakan bagaimana situs Anda melakukannya jika Anda tidak melihat angka dalam konteks yang tepat. Misalnya, rasio pentalan 70% mungkin bagus jika situs Anda adalah blog yang mendapatkan sebagian besar lalu lintasnya dari rujukan media sosial namun tidak terlalu bagus jika merupakan etalase online.
Anda dapat menggunakan alat Benchmarking di Google Analytics untuk membandingkan kinerja situs Anda dengan orang lain yang memiliki ukuran dan konten serupa. Untuk mengakses fitur ini, buka tab Pelaporan dan cari Benchmarking dalam kelompok Pemirsa . Di bagian Benchmarking, ada tiga pilihan:
Setelah memilih salah satu opsi ini, Anda akan ditunjukkan laporan pembandingan. Saat pertama kali melihat data ini, Anda harus memilih industri vertikal, negara, dan ukuran (dalam hal sesi harian) dari properti yang ingin Anda bandingkan dengan situs Anda.
Pikirkan situs Anda akan masuk ke lebih dari satu vertikal yang tercantum di sini? Filter ini tidak terkunci sehingga Anda dapat mengubah nilainya setiap saat untuk membandingkan situs Anda dengan beberapa jenis properti.
Saat membandingkan situs Anda dengan kategori yang Anda pilih, hasilnya akan ditampilkan dalam hal seberapa jauh situs Anda berasal dari rata-rata grup. Nilai-nilai yang situs Anda lebih baik daripada rata-rata akan memiliki latar belakang yang teduh hijau dan yang situs Anda di bawah rata-rata akan diberi warna merah, sehingga Anda dapat dengan mudah mencatat potensi kekuatan dan masalah.
Anda dapat menggunakan alat Benchmarking di Google Analytics untuk membandingkan kinerja situs Anda dengan orang lain yang memiliki ukuran dan konten serupa. Untuk mengakses fitur ini, buka tab Pelaporan dan cari Benchmarking dalam kelompok Pemirsa . Di bagian Benchmarking, ada tiga pilihan:
- Saluran - Memecah data dengan sumber lalu lintas (penelusuran organik, sosial, langsung, dll.).
- Lokasi - Menampilkan hasil menurut negara.
- Perangkat - Menampilkan data untuk pengguna desktop, tablet, dan ponsel.
Setelah memilih salah satu opsi ini, Anda akan ditunjukkan laporan pembandingan. Saat pertama kali melihat data ini, Anda harus memilih industri vertikal, negara, dan ukuran (dalam hal sesi harian) dari properti yang ingin Anda bandingkan dengan situs Anda.
Pikirkan situs Anda akan masuk ke lebih dari satu vertikal yang tercantum di sini? Filter ini tidak terkunci sehingga Anda dapat mengubah nilainya setiap saat untuk membandingkan situs Anda dengan beberapa jenis properti.
Saat membandingkan situs Anda dengan kategori yang Anda pilih, hasilnya akan ditampilkan dalam hal seberapa jauh situs Anda berasal dari rata-rata grup. Nilai-nilai yang situs Anda lebih baik daripada rata-rata akan memiliki latar belakang yang teduh hijau dan yang situs Anda di bawah rata-rata akan diberi warna merah, sehingga Anda dapat dengan mudah mencatat potensi kekuatan dan masalah.
Laporan Khusus
Di atas semua laporan di luar kotak ini, Anda juga dapat membuat sendiri di tab Kustomisasi Google Analytics. Mungkin diperlukan sedikit latihan untuk memahami merancang laporan Anda sendiri, namun Anda tidak dapat memecahkan masalah apa pun di sini, jadi luangkan waktu dan bereksperimenlah.